SDAMADA BE THE BEST

SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

Profil Sekolah

January 4th, 2013

SEJARAH SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

  • Nama Sekolah :  SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo
  • Kepala Sekolah :  MUHAMMAD BASIR, S.Pd.I
  • No. Statistik Sekolah :  104050201037
  • NPSN :  20501903
  • Alamat :  Jalan Pasar Jetis No. 28
  • Telepon/Fax : (031)8966695
  • Status Sekolah :  TERAKREDITASI A
  • Penerbit SK  :  Berdasarkan Keputusan Sidang Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kabupaten Sidoarjo.
  • Tahun Berdiri :  1 Januari 1968
  • Kegiatan Belajar Mengajar  :  Pagi
  • Organisasi Penyelenggara  :  Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sidoarjo. (Majelis Dikdasmen PCM Sidoarjo).

Lokasi yang ditempati oleh SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo saat ini bukanlah tempat pertama yang dijadikan sebagai tempat belajar sekolah ini. Sejak didirikannya, SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo telah mengalami 3 kali pindah tempat. Pertama kali menempati sebuah rumah kuno dan kontrak di Jl. Pasar Jetis, karena diminta oleh pemiliknya kemudian mengontrak lagi di gudang batik di Jetis Gg. I di sebelah sungai jetis dan akhirnya pada tahun 1978 ada angin segar yang merupakan awal tonggak sejarah berdirinya gedung SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo saat ini. Diawali dengan waqaf tanah dari seorang tokoh Muhammadiyah dan bantuan 1 ruang belajar dari Bapak Soewandi, Bupati Sidoarjo saat itu, para pendiri yang terdiri dari Ibu Muslichah Fadlun, Ibu Samikhah, Ibu Ni’mah dan Bapak Mudjiono memulai membangun gedung sendiri dengan mendapat dukungan penuh dari bapak-bapak Muhammadiyah dan pada saat itu pengurus Majelis Dikdasmen PCM Sidoarjo sebagai ketua adalah Bapak H. MK Agus Salim, sekretarisnya Bapak M. Ghufron (alm) dan Bendaharanya adalah Bapak M. Thoha (alm).

Ibu Rochilah adalah seorang guru sekaligus pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Jetis Sidoarjo. Beliau masuk sebagai guru pada tanggal 4 Mei 1970 dengan Surat Keputusan (SK) dengan ditandatangani oleh Bapak Karso Aminoto sebagai Ketua dan Bapak M. Yasin sebagai sekretarisnya. Beliau masuk baru ada 3 kelas tingkatan yaitu kelas 1 berjumlah 27 anak, kelas 2 berjumlah 11 anak dan kelas 3 berjumlah 10 anak.

SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo pertama kali meluluskan siswanya pada tahun 1973 dengan meluluskan siswa sebanyak 10 siswa. Pada saat itu kegiatan belajar mengajar masih menempati rumah kuno yang dikontrak dengan pembagian ruang yaitu untuk kelas 1 dan 2 menempati ruang teras, kelas 3 ruang tamu, ruang tengah untuk kelas 4, kamar sebelah timur dipergunakan bagi kelas 5 sedangkan kamar sebelah barat dipergunakan untuk kelas 6 adapun untuk tukang kebun sendiri menempati dapur. Karena rumah kuno diminta oleh pemiliknya akhirnya SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengontrak lagi di gudang batik dengan di sket menjadi 3 ruang, karena dirasa ruangan untuk kegiatan belajar mengajar kurang maka akhirnya kegiatan belajar mengajar dibuat secara bergantian yaitu masuk pagi dan sore dimulai pukul 07.00 – 17.00 WIB, sedang pada waktu itu pendidik  atau guru berjumlah 6 orang dan 1 karyawan, semuanya masuk mulai pagi dan pulang sore tanpa ada kata lelah dan pustus asa karena hanya satu harapannya yaitu menjadikan anak didik yang pandai dan berguna bagi agama dan bangsa. Lagi-lagi yang gedung dikontrak oleh SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo untuk kegiatan pembelajaran diminta oleh pemiliknya tepatnya tahun 1978, akan tetapi semua itu ada hikmahnya. Tepat pada tahun tersebut para tokoh-tokoh Muhammadiyah memberanikan diri untuk membeli sepetak tanah dengan seharga Rp. 450.000, 00 empat ratus lima puluh ribu rupiah), selain membeli tanah juga mendapatkan waqaf tanah dari seorang tokoh Muhammadiyah dan bantuan ruang belajar dari Bapak Soewandi, Bupati Sidoarjo pada saat itu. Meskipun dengan tertatih-tatih dan perjuangan yang begitu panjang tanpa mengenal lelah akhirnya Muhammadiyah memiliki tanah dengan seluas lebih kurang 1813 m2 dan bersertifikat. Akhirnya pada tahun 1978 merupakan awal tonggak sejarah berdirinya gedung SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

Pada tahun 1982 dalam forum rapat, Ibu Rochilah di tunjuk atau dipercaya menjadi Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggantikan Bapak Mudjiono karena Bapak Mudjiono di mutasi di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Ibu Rochilah menjabat sebagai Kepala Sekolah sampai tahun 2010 tepatnya tanggal 25 Februari. Pada saat kepemimpinan Ibu Rochilah terus menerus mengalami peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas siswa (lihat tabel) maupun mengalami peningkatan dari pembangunan gedung sekolah.

Dari tahun ke tahun pembenahan demi pembenahan terus dilakukan. Gedung sekolah yang awalnya sederhana kini telah berubah menjadi gedung berlantai 2 yang megah. Dengan dilengkapi beberapa fasilitas modern seperti 18 ruangan belajar ber-AC, laboratorium bahasa dengan sistem komputerisasi, laboratorium IPA, laboratorium komputer, perpustakaan, musholla, ruang UKS dan ruang pertemuan / Aula dan sekaligus dipergunakan sebagai ruang lab Multi Media serta beberapa alat dan bahan belajar yang dapat menambah serta meningkatkan kenyamanan siswa dalam belajar.

Prestasi demi prestasi seakan tidak pernah berhenti diraih oleh siswa dan guru SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo, baik di tingkat kecamatan bahkan Internasional. Sudah tak terhitung lagi prestasi SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo di tingkat kecamatan dan kabupaten. Prestasi terakhir yang paling membanggakan adalah diraihnya 2 medali emas The 1 st South East Asia Robotic Olympiad SEARO (Asia Tenggara) pada tahun 2009 di Jakarta, mendapatkan Special Award International Robot Olympiad (IRO) / Olimpiade Robot tingkat Internasional tahun 2008 di Malaysia dan tahun 2009 di Korea, Juara 1 & Harapan 1 Olycon 2010 pada bidang studi Sains dan tidak ketinggalan pula prestasi dari Gurupun juga membanggakan yaitu Juara Umum Matematika dengan menggunakan Multi Media Pesona Edu tingkat Nasional dan Juara 3 Olycon 2010 kategori Kreatifitas Guru serta mendapatkan predikat Sekolah Unggulan Muhammadiyah se-Jawa Timur dengan peringkat ke-3, Juara 1 dalam kategori The Winner of Indonesian ICT Award 2010 Maze Solvig “IRO” di tingkat Nasional yang diselenggaran di Jakarta, dan dalam Olimpiade Sains Nasional SD/MI Matapelajaran IPA di Medan meraih Medali Perak di tingkat Nasional.

Semua itu tidak lepas dari usaha keras guru dan kerjasamanya dalam membimbing dan melakukan pengembangan demi tercapainya tujuan dan cita-cita yang kita impikan bersama.

Insya Allah dengan usaha keras dan kerjasama yang baik dari semua pihak, mulai dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sidoarjo, Majelis Dikdasmen, pimpinan sekolah, guru dan karyawan serta orangtua siswa, dapat mewujudkan impian SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo menjadi yang terbaik sebagaimana semboyan kami Be The Best (menjadi yang terbaik). Amin ya Robbil alamin.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*